Jumat, 29 Juni 2012

roy punya


Silabus

Nama sekolah              : MAN Jombang
Mata pelajaran             : Pendidikan Kewarganegaraan.
Kelas / semester           : XI / I
Alokasi waktu : 2 x 45 (menit)

Standar kompetensi : menganalisi budaya politik Indonesia
Kompetensi dasar
Indicator
Metode pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Penilaian
Akoasi waktu
Sumber belajar
Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pemngembangan budaya politik
·    Mengidentifikasi si fungsi partai politik.

·    Mnenjelaskan pengembangan budaya politik

·    Menjelaskan sosialisasi politik dan komunkasi politik
·    Fungsi parti politik



·    Pengembangan budaya politik


·    Sosialisasi politik dan komunikasi politik
Menggali informasi dari berbagai literatur tentang fungsi partai politik, dan juga pengembangan budaya politik

mencari informasi dar berbagai literatur tentang sosialisasis politik dan komunikasi politik
Non tes = perfo monce tes (tugas kelompok individu)
2 x 45
Budi Yanto (2006) Pkn Kelas XI Jakarta, Penerbit Erlangga

Bambang Suteng Dkk.Pkn Kelas XI Penerbit Erlangga.

MGMP Pkn kelas XI MA Kabupaten Jombanng


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah              : MAN Jombang
Mata pelajaran             : Pendidikan Kewarganegaraan.
Kelas / semester           : XI / I
Alokasi waktu : 2 x 45 Menit
A.     Standar Kompetensi :
1.      Menganalisis budaya. Politik di Indonesia
B.     Kompetensi Dasar
1.3.  Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik
C.     Indikator pencapaian belajar
1.3.4.      Mengidentifikasi fungsi partai politik
1.3.5.      Menjelaskan pengembangan budaya politik
1.3.6.      Menjelaskan sosialisasi politik dan komunikasi politik
D.     Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa mampu mengidentifikasi fungsi partai politik
2.      Siswa mampu menjelaskan pengembangan budaya politik
3.      Siswa mampu menjelaskan sosialisasi poliik dan komunikasi politik 
E.      Materi Pembelajaran
1.      Fungsi partai politik
2.      Pengembangan budaya politik
3.      Sosialisasi politik dan komunikasi politik
F.      Metode pembelajaran
Kartu arisan
G.     Langkah-langkah pembelajaran
Uraian kegiatan
Waktu
  1. Kegiatan Awal
1.      Guru memberikan salam dan mengabsen siswa
2.      Guru menanyakan tentang kesiapan siswa dalam proses pembelajaran
  1. Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan di ajarkan
  1. Kegiatan Inti
1.      Guru menyampaikan materi
2.      Guru membentuk kelompok secara heterogen
3.      Kartas jawaban bagikan pada siswa/ kartu soal yang digulung  dan dimasukkan dalam botol
4.      Botol yang berisi gulungan soal dikocok, kemudian salah satu yang jatuh. Dibacakan agar di jawab oleh siswa yang memegang kartu jawaban
5.      Apabilah jawaban benar maka siswa dipersilahkan tepuk tangan atau yel-yel lainnya
6.      Setiap jawaban yang benar diberi pin 1 sebagai nilai kelompok sehingga nilai total kelompok merupakan penjumlahan poin dari para anggotanya .
7.      Dan Seterusnya
  1. Kegiatan akhir
1.      Guru memberikan pekarjaan rumah dari lks
2.      Sebagai kegiatan akhir meminta siswa mempelajari kembali materi yang telah diajarkan dan mempelajari materi berikutnya.
10 menit






75 menit












5 menit

H.     Alat / Bahan / Simber Belajar
1.      Alat  / bahan
-         Kartu soal / lembar jawaban
-         Botol
2.      Sumber belajar
1.      Budiyanto (2006) pendidikan kewarganegaraan kelas XI, Jakarta, penerbit Erlangga
2.      Bambang suteng, Dkk pendidikan kewarganegaraan kelas XI penerbit Erlangga
3.      Sir jutmini winarno (2006) pendidikan kewarganegaraan kelas XI Penerbit Tiga Serangkai.
4.      MGMP pendidikan kewarganegaraan kelas XI MA Kabupaten Jombang 
I.        Penilaian
    1. Non tes
a.       Partisipasi aktif setiap siswa dalam kegiatan belajar
b.      Cara siswa menyampaikan ulasan deskriptifnya secara lisan
c.       Sikap siswa dalam komunikasi terhadap sesama kegiatan ini








Pengamatan Poin
No absen
Nama siswa
Pernyataan
Jumlah


1
2
3
4









Kreteria Aspek Penilaian
No
Aspek penilaian
Skor
1
Memahami soal
25
2
Kemampuan berkomunikasi
25
3
Mengutamakan kerja sama
25
4
menghargai pendapat orang lain
25

Jumlah
100




Jombang, 21 Agustus 2010
Mengetahui
Guru pamong



Dra, Dewi Isfandari
NIP 196611212005012001

            Mahasiswa Praktikan



            Rika Wahyuni
            Nim 073008


Tidak ada komentar:

Posting Komentar