Silabus
Nama sekolah : MAN Jombang
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan.
Kelas / semester : XI / I
Alokasi waktu : 2 x 45 (menit)
Standar kompetensi : menganalisi budaya politik Indonesia
Kompetensi dasar
|
Indicator
|
Metode pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Penilaian
|
Akoasi waktu
|
Sumber belajar
|
Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pemngembangan
budaya politik
|
·
Mengidentifikasi si fungsi partai politik.
·
Mnenjelaskan pengembangan budaya politik
·
Menjelaskan sosialisasi politik dan komunkasi
politik
|
·
Fungsi parti politik
·
Pengembangan budaya politik
·
Sosialisasi politik dan komunikasi politik
|
Menggali informasi dari berbagai literatur tentang fungsi
partai politik, dan juga pengembangan budaya politik
mencari informasi dar berbagai literatur tentang
sosialisasis politik dan komunikasi politik
|
Non tes = perfo monce tes (tugas kelompok individu)
|
2 x 45
|
Budi Yanto (2006) Pkn Kelas XI
Bambang Suteng Dkk.Pkn Kelas XI Penerbit Erlangga.
MGMP Pkn kelas XI MA Kabupaten Jombanng
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : MAN Jombang
Mata pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan.
Kelas / semester : XI / I
Alokasi waktu : 2 x 45 Menit
A.
Standar Kompetensi :
1.
Menganalisis budaya. Politik di Indonesia
B.
Kompetensi Dasar
1.3. Mendeskripsikan pentingnya
sosialisasi pengembangan budaya politik
C.
Indikator pencapaian belajar
1.3.4.
Mengidentifikasi fungsi partai politik
1.3.5.
Menjelaskan pengembangan budaya politik
1.3.6.
Menjelaskan sosialisasi politik dan komunikasi politik
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa mampu mengidentifikasi fungsi partai politik
2.
Siswa mampu menjelaskan pengembangan budaya politik
3.
Siswa mampu menjelaskan sosialisasi poliik dan
komunikasi politik
E.
Materi Pembelajaran
1.
Fungsi partai politik
2.
Pengembangan budaya politik
3.
Sosialisasi politik dan komunikasi politik
F.
Metode pembelajaran
Kartu
arisan
G.
Langkah-langkah pembelajaran
Uraian
kegiatan
|
Waktu
|
1.
Guru memberikan salam dan mengabsen siswa
2.
Guru menanyakan tentang kesiapan siswa dalam proses pembelajaran
1.
Guru menyampaikan materi
2.
Guru membentuk kelompok secara heterogen
3.
Kartas jawaban bagikan pada siswa/ kartu soal yang
digulung dan dimasukkan dalam botol
4.
Botol yang berisi gulungan soal dikocok, kemudian
salah satu yang jatuh. Dibacakan agar di jawab oleh siswa yang memegang kartu
jawaban
5.
Apabilah jawaban benar maka siswa dipersilahkan tepuk
tangan atau yel-yel lainnya
6.
Setiap jawaban yang benar diberi pin 1 sebagai nilai
kelompok sehingga nilai total kelompok merupakan penjumlahan poin dari para
anggotanya .
7.
Dan Seterusnya
1.
Guru memberikan pekarjaan rumah dari lks
2.
Sebagai kegiatan akhir meminta siswa mempelajari kembali
materi yang telah diajarkan dan mempelajari materi berikutnya.
|
10 menit
75 menit
5 menit
|
H.
Alat / Bahan / Simber Belajar
1.
Alat / bahan
-
Kartu soal / lembar jawaban
-
Botol
2.
Sumber belajar
1.
Budiyanto (2006) pendidikan kewarganegaraan kelas XI, Jakarta , penerbit Erlangga
2.
Bambang suteng, Dkk pendidikan kewarganegaraan kelas XI
penerbit Erlangga
3.
Sir jutmini winarno (2006) pendidikan kewarganegaraan
kelas XI Penerbit Tiga Serangkai.
4.
MGMP pendidikan kewarganegaraan kelas XI MA Kabupaten Jombang
I.
Penilaian
- Non tes
a.
Partisipasi aktif setiap siswa dalam kegiatan belajar
b.
Cara siswa menyampaikan ulasan deskriptifnya secara
lisan
c.
Sikap siswa dalam komunikasi terhadap sesama kegiatan
ini
Pengamatan Poin
No absen
|
Nama siswa
|
Pernyataan
|
Jumlah
|
|||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|
|
Kreteria Aspek Penilaian
No
|
Aspek penilaian
|
Skor
|
1
|
Memahami soal
|
25
|
2
|
Kemampuan berkomunikasi
|
25
|
3
|
Mengutamakan kerja sama
|
25
|
4
|
menghargai pendapat orang lain
|
25
|
|
Jumlah
|
100
|
Jombang, 21 Agustus 2010
Mengetahui
Guru pamong
Dra, Dewi Isfandari
NIP 196611212005012001
|
Mahasiswa
Praktikan
Rika Wahyuni
Nim
073008
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar