Mata
pelajaran
: Pendidikan Agama Kristen
Satuan
Pendidikan
: SMA
Kelas/Semester
: X/1
Tahun
Pelajaran
: 2010-2011
Standar Kompetensi
Mewujudkan nilai-nilai kristiani
dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan social dengan menunjukkan bahwa
remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa dan tidak kehilangan identitas.
Kompetensi Dasar
Mengalami proses pertumbuhan sebagai
pribadi yang dewasa dan memiliki karakter yang kokoh dengan pola pikir
komprehensif dalam segala aspek.
Indicator
Menjelaskan proses remaja bertumbuh
menjadi dewasa dengan perubahan-perubahan dalam segala aspek.
Nilai Karakter Bangsa
Religious, Jujur, Disiplin, Kerja
keras, Bersahabat/Komunikatif.
Alokasi Waktu
2 x 40 menit (1 Pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Ø Menyebutkan
pengertian proses pertumbuhan dewasa.
Ø Menyebutkan
pengertian pribadi yang dewasa.
Ø Menjelaskan
beberpa perubahan yang harus dialami oleh seorang remaja.
Ø Mendiskusikan
contoh-contoh perubahan yang dialami remaja secara fisik.
Ø Mendiskusikan
contoh-contoh perubahan yang dialami remaja dalam aspek social.
Ø Mendiskusikan
contoh-contoh perubahan yang dialami remaja dalam aspek intelektual.
Ø Mendiskusikan
contoh-contoh perubahan yang dialami remaja dalam aspek emosional
Materi Pembelajaran
Proses dan Pribadi yang Dewasa
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan proses, kontekstual,
pembelajaran langsung, pemecahan masalah.
2. Metode
Ceramah, Tanya-jawab, Diskusi,
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1:
Tahap
Kegiatan
|
Kegiatan
Siswa/Guru
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan mengumpulkan Buku Bukti
Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan
Inti
|
· Guru bertanya tentang pengertian proses pertumbuhan dewasa.
· Guru menjelaskan pengertian proses pertumbuhan dewasa dan
pengertian pribadi yang dewasa.
· Guru menjelaskan beberapa perubahan yang harus dialami
seorang remaja.
· Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok.
· Guru memberian tugas untuk didiskusikan oleh setiap
kelompok.
· Siswa melaporkan hasil diskusinya kepada guru.
· Guru menjelaskan beberapa perubahan yang harus dialami
oleh seorang remaja.
|
60
|
Kegiatan
Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa penutup.
|
10
|
Sumber, Bahan dan Alat
1. Sumber
a.
Alkitab
b.
Buku PAK kelas X Penerbit Cipta
Sarana Mandiri
c.
Buku PAK kelas X Penerbit Mitra
d.
Dewasa Dalam Kristus, SLTA kelas 1
Penerbit Bina Medan Informasi
e.
Suluh Siswa 1 Bertumbuh Dalam
Kristus kelas 10 Penerbit BPK Gunung Mulia.
f.
Teladan Kehidupan 1 PAK SMA kelas X
penerbit ANDI
2. Bahan
Lembar Kerja, Hasil Kerja Siswa,
Bahan Presentasi
3. Alat
Majalah, LCD dan Komputer, TV dan
kidung Jemaat
Penilaian
Indicator
|
Jenis
Instrumen
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
Menjelaskan proses remaja
bertumbuh menjadi dewasa dengan perubahan-perubahan dalam segala aspek
|
Tugas
Kelompok
|
Observasi
|
Mengamati
perubahan-perubahan yang terjadi dalam diri remaja!
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
pelajaran
: Pendidikan Agama Kristen
Satuan
Pendidikan
: SMA
Kelas/Semester
: X/1
Tahun
Pelajaran
: 2010-2011
Standar Kompetensi
Mewujudkan nilai-nilai kristiani
dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan social dengan menunjukkan bahwa
remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa dan tidak kehilangan identitas.
Kompetensi Dasar
Mengalami proses pertumbuhan sebagai
pribadi yang dewasa dan memiliki karakter yang kokoh dengan pola pikir
komprehensif dalam segala aspek.
Indicator
Mengidentifikasi cirri-ciri
kepribadian remaja
Nilai Karakter Bangsa
Religious, Jujur, Disiplin, Kerja
keras, Bersahabat/Komunikatif.
Alokasi Waktu
4 x 40 menit (2 Pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Ø Menginstropeksi
diri tentang cirri-ciri umum kepribadian yang ada pada dirinya baik dari aspek
fisik, social, emosi, intelektual, dan moral-spritual.
Ø Menyebutkan
minat rekreasi remaja yang sering nampak.
Ø Menyebutkan
minta social remaja yang seringa nampak pada remaja.
Ø Menjelaskan
keadaan hubungan remaja dengan anggota-anggota keluarga lainnya.
Ø Menyebutkan
sebab-sebab umum pertentangan remaha dengan anggota keluarga lainnya.
Ø Menjelaskan
konsekuensi yang diterima remaja dalam usaha memperbaiki kepribadian
Materi Pembelajaran
Ciri-ciri Umum Minat dan Faktor
Pertentangan Remaja
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan proses, kontekstual,
pembelajaran langsung, pemecahan masalah.
2. Metode
Ceramah, Tanya-jawab, Diskusi,
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1:
Tahap
Kegiatan
|
Kegiatan
Siswa/Guru
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan mengumpulkan Buku Bukti
Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan
Inti
|
· Guru menyuruh siswa merenungi diri tentang perubahan
dalam dirinya
· Guru membagikan lembar kegiatan untuk menginstropeksi
diri.
· Siswa menyebutkan minat-minat rekreasi remaja yang sering
nampak.
· Siswa menyebukan minat-minat social remaja yang sering
nampak.
· Guru menyimpulkan dan menjelaskan minat-minat remaja yangs
erring nampak.
|
60
|
Kegiatan
Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa penutup.
|
10
|
Pertemuan 2
Tahap
Kegiatan
|
Kegiatan
Siswa/Guru
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan mengumpulkan Buku Bukti
Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan
Inti
|
· Siswa menjelaskan keberadaan hubungannya dengan anggota
keluarga lainnya di dalam rumahnya.
· Siswa menyebutkan jenis-jenis pertentangan dalam
keluarganya.
· Siswa menyebutkan sebab-sebab umum yang menyebabkan
terjadinya pertentangan dalam keluarganya.
· Guru dan siswa menyimpulkan sebab-sebab umum terjadinya
pertentangan remaja dengan anggota keluarga lainnya.
· Guru menjelaskan konsekuensi yang diterima remaja dalam
usaha memperbaiki remaja dalam usaha memperbaiki kepribadian.
|
60
|
Kegiatan
Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa penutup.
|
10
|
Sumber, Bahan dan Alat
1. Sumber
a.
Alkitab
b.
Buku PAK kelas X Penerbit Cipta
Sarana Mandiri
c.
Buku PAK kelas X Penerbit Mitra
d.
Dewasa Dalam Kristus, SLTA kelas 1
Penerbit Bina Medan Informasi
e.
Suluh Siswa 1 Bertumbuh Dalam
Kristus kelas 10 Penerbit BPK Gunung Mulia.
f.
Teladan Kehidupan 1 PAK SMA kelas X
penerbit ANDI
2. Bahan
Lembar Kerja, Hasil Kerja Siswa,
Bahan Presentasi
3. Alat
Majalah, LCD dan Komputer, TV dan
kidung Jemaat
Penilaian
Indicator
|
Jenis
Instrumen
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
Mengidentifikasi cirri-ciri
kepribadian remaja
|
Tugas
Individu
|
Sikap
|
Terlampir
1
|
Pertanyaan
lisan di kelas
|
Soal
Uraian Bebas
|
1.
Menyebutkan minat-minat yang ada
pada dirinya!
2.
Seberapa seringkah engkau
bertengkar dengan saudaramu?
3.
Apa alasanmu menentang keputusan
orang tuamu?
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
pelajaran
: Pendidikan Agama Kristen
Satuan
Pendidikan
: SMA
Kelas/Semester
: X/1
Tahun
Pelajaran
: 2010-2011
Standar Kompetensi
Mewujudkan nilai-nilai kristiani
dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan social dengan menunjukkan bahwa
remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa dan tidak kehilangan identitas.
Kompetensi Dasar
Mengalami proses pertumbuhan sebagai
pribadi yang dewasa dan memiliki karakter yang kokoh dengan pola pikir
komprehensif dalam segala aspek.
Indicator
Mengidentifikasi cirri-ciri
kepribadian remaja
Nilai Karakter Bangsa
Religious, Jujur, Disiplin, Kerja
keras, Bersahabat/Komunikatif.
Alokasi Waktu
2 x 40 menit (1 Pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Ø Menjelaskan
tujuan remaja mencari identitas.
Ø Menjelaskan
alasan identitas merupakan tahap sentral selama masa muda.
Ø Menginstropeksi
keberadaan diri di kelas kategori/kelompok identitas.
Ø Menjelaskan
mekanisme pertahanan yang ditempuh remaja dalam mengurangi kecemasan bagi yang
belum menemukan identitas.
Materi Pembelajaran
Identitas Kaum Muda
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan proses, kontekstual,
pembelajaran langsung, pemecahan masalah.
2. Metode
Ceramah, Tanya-jawab, Diskusi,
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1:
Tahap
Kegiatan
|
Kegiatan
Siswa/Guru
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan mengumpulkan Buku Bukti
Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan
Inti
|
· Guru menjelaskan tujuan remaja mencari identitas.
· Guru menjelaskan alasannya bahwa identitas merupakan tahap
sentral selama masa muda.
· Guru menyuruh siswa untuk menginstropeksi diri keberadaan
diri di kelas kategori/kelompok identitas.
· Siswa mengungkapkan pertahanan-pertahanan yang biasa
dilakukan untuk mengurangi kecemasan bagi yang belum menemukan identitas.
· Guru menjelaskan mekanisme pertahanan yang ditempuh remaja
mengurangi kecemasan bagi yang belum menemukan identitas.
|
60
|
Kegiatan
Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa penutup.
|
10
|
Sumber, Bahan dan Alat
1. Sumber
a.
Alkitab
b.
Buku PAK kelas X Penerbit Cipta
Sarana Mandiri
c.
Buku PAK kelas X Penerbit Mitra
d.
Dewasa Dalam Kristus, SLTA kelas 1
Penerbit Bina Medan Informasi
e.
Suluh Siswa 1 Bertumbuh Dalam
Kristus kelas 10 Penerbit BPK Gunung Mulia.
f.
Teladan Kehidupan 1 PAK SMA kelas X
penerbit ANDI
2. Bahan
Lembar Kerja, Hasil Kerja Siswa,
Bahan Presentasi
3. Alat
Majalah, LCD dan Komputer, TV dan
kidung Jemaat
Penilaian
Indicator
|
Jenis
Instrumen
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
Mengidentifikasi cirri-ciri
kepribadian remaja
|
Pertanyaan
Lisan di kelas
|
Uraian
Bebas
|
1.
Siapakah kamu?
2.
Bagaimana caramu mengenal dirimu
lebih jauh?
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
pelajaran
: Pendidikan Agama Kristen
Satuan
Pendidikan
:
Kelas/Semester
: X/1
Tahun
Pelajaran
: 2010-2011
Standar Kompetensi
Mewujudkan nilai-nilai kristiani
dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan social dengan menunjukkan bahwa
remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa dan tidak kehilangan identitas.
Kompetensi Dasar
Mengalami proses pertumbuhan sebagai
pribadi yang dewasa dan memiliki karakter yang kokoh dengan pola pikir
komprehensif dalam segala aspek.
Indicator
Mengidentifikasi perubahan remaja
dalam mencapai kedewasaan dalam segala aspek
Nilai Karakter Bangsa
Religious, Jujur, Disiplin, Kerja
keras, Bersahabat/Komunikatif.
Alokasi Waktu
2 x 40 menit (1 Pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Ø Menjelaskan
makna kedewasaan fisik.
Ø Menjelaskan
keberadaan diri yang harus diterima dan disyukuri.
Ø Menyebutkan
pengertian emosi.
Ø Menjelaskan
ungkapan emosi remaja yang sebenarnya.
Ø Menjelaskan
cara mengembangkan emosi.
Ø Menemukan
cara mengendalikan emosi marah
Materi Pembelajaran
Kedewasaan Fisik dan Kedewasaan
Emosi
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan proses, kontekstual,
pembelajaran langsung, pemecahan masalah.
2. Metode
Ceramah, Tanya-jawab, Diskusi,
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1:
Tahap
Kegiatan
|
Kegiatan
Siswa/Guru
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan mengumpulkan Buku Bukti
Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan
Inti
|
· Guru menjelaskan makna kedewasaan fisik.
· Menjelaskan keberadaan diri yang harus diterima dan
disyukuri.
· Guru bertanya kepada siswa tentang pengertian emosi
· Guru menjelaskan makna emosi.
· Siswa mendiskusikan bentuk-bentuk emosi.
· Guru menjelaskan ungkapan emosi remaja yang sebenarnya.
· Siswa mendiskusikan cara mengendalikan emosi marah.
· Guru dan siswa sama-sama menyimpulkan cara mengendalikan
emosi marah.
|
60
|
Kegiatan
Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa penutup.
|
10
|
Sumber, Bahan dan Alat
1. Sumber
a.
Alkitab
b.
Buku PAK kelas X Penerbit Cipta
Sarana Mandiri
c.
Buku PAK kelas X Penerbit Mitra
d.
Dewasa Dalam Kristus, SLTA kelas 1
Penerbit Bina Medan Informasi
e.
Suluh Siswa 1 Bertumbuh Dalam
Kristus kelas 10 Penerbit BPK Gunung Mulia.
f.
Teladan Kehidupan 1 PAK SMA kelas X
penerbit ANDI
2. Bahan
Lembar Kerja, Hasil Kerja Siswa,
Bahan Presentasi
3. Alat
Majalah, LCD dan Komputer, TV dan
kidung Jemaat
Penilaian
Indicator
|
Jenis
Instrumen
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
Mengidentifikasi perubahan remaja
dalam mencapai kedewasaan dalam segala aspek
|
Tugas
Kelompok
|
Penugasan
|
Diskusikanlah
bentuk-bentuk emosi!
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
pelajaran
: Pendidikan Agama Kristen
Satuan
Pendidikan
: SMA
Kelas/Semester
: X/1
Tahun
Pelajaran
: 2010-2011
Standar Kompetensi
Mewujudkan nilai-nilai kristiani
dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan social dengan menunjukkan bahwa
remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa dan tidak kehilangan identitas.
Kompetensi Dasar
Mengalami proses pertumbuhan sebagai
pribadi yang dewasa dan memiliki karakter yang kokoh dengan pola pikir
komprehensif dalam segala aspek.
Indicator
Mengidentifikasi perubahan remaja
dalam mencapai kedewasaan dalam segala aspek
Nilai Karakter Bangsa
Religious, Jujur, Disiplin, Kerja
keras, Bersahabat/Komunikatif.
Alokasi Waktu
2 x 40 menit (1 Pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Ø Menjelaskan
makna kedewasaan pola pikir.
Ø Mengidentifikasi
4 pola pikir yang perlu dikembangkan.
Ø Menemukan
ciri karakteristik orang dengan konsep diri positif.
Ø Menemukan
cirri karakteristik orang dengan konsep diri negative.
Ø Menjelaskan
faktor-faktor menjalin relasi dengan sesame.
Ø Menjelaskan
macam-macam relasi
Materi Pembelajaran
Kedewasaan Pola Pikir, Kedewasaan
Sosial: “Menjalin Relasi dengan Sesama”
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan proses, kontekstual,
pembelajaran langsung, pemecahan masalah.
2. Metode
Ceramah, Tanya-jawab, Diskusi,
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1:
Tahap
Kegiatan
|
Kegiatan
Siswa/Guru
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan mengumpulkan Buku Bukti
Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan
Inti
|
· Guru menjelaskan makna kedewasaan pola pikir
· Guru Menjelaskan 4 pola pikir yang perlu dikembangkan.
· Siswa mendiskusikan cirri karakteristik orang dengan
konsep diri positif.
· Siswa mendiskusikan cirri karakteristik orang dengan
konsep diri negative.
· Siswa mengungkapkan pendapatnya faktor-faktor yang
menyebabkan terjadinya relasi dengan sesame.
· Guru menjelaskan macam-macam relasi
|
60
|
Kegiatan
Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa penutup.
|
10
|
Sumber, Bahan dan Alat
1. Sumber
a.
Alkitab
b.
Buku PAK kelas X Penerbit Cipta
Sarana Mandiri
c.
Buku PAK kelas X Penerbit Mitra
d.
Dewasa Dalam Kristus, SLTA kelas 1
Penerbit Bina Medan Informasi
e.
Suluh Siswa 1 Bertumbuh Dalam Kristus
kelas 10 Penerbit BPK Gunung Mulia.
f.
Teladan Kehidupan 1 PAK SMA kelas X
penerbit ANDI
2. Bahan
Lembar Kerja, Hasil Kerja Siswa,
Bahan Presentasi
3. Alat
Majalah, LCD dan Komputer, TV dan
kidung Jemaat
Penilaian
Indicator
|
Jenis
Instrumen
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
Mengidentifikasi perubahan remaja
dalam mencapai kedewasaan dalam segala aspek
|
Pertanyaan
lisan di kelas
|
Uraian
Bebas
|
Apakah
perbedaan pola pikir positif dan negatif.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
pelajaran
: Pendidikan Agama Kristen
Satuan
Pendidikan
: SMA
Kelas/Semester
: X/1
Tahun
Pelajaran
: 2010-2011
Standar Kompetensi
Mewujudkan nilai-nilai kristiani
dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan social dengan menunjukkan bahwa
remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa dan tidak kehilangan identitas.
Kompetensi Dasar
Mengalami proses pertumbuhan sebagai
pribadi yang dewasa dan memiliki karakter yang kokoh dengan pola pikir
komprehensif dalam segala aspek.
Indicator
Mengidentifikasi perubahan remaja
dalam mencapai kedewasaan dalam segala aspek
Nilai Karakter Bangsa
Religious, Jujur, Disiplin, Kerja
keras, Bersahabat/Komunikatif.
Alokasi Waktu
2 x 40 menit (1 Pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Ø Menjelaskan
arti kata “takut”
Ø Menjelaskan
jenis takut menurut Ensklopedi Alkitab Masa Kini.
Ø Menjelaskan
alasan takut akan Tuhan.
Ø Menentukan
tanggapan dan sikap yang takut akan Tuhan.
Materi Pembelajaran
Kedewasaan Iman: “Takut Akan Tuhan”
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan proses, kontekstual,
pembelajaran langsung, pemecahan masalah.
2. Metode
Ceramah, Tanya-jawab, Diskusi,
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1:
Tahap
Kegiatan
|
Kegiatan
Siswa/Guru
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan mengumpulkan Buku Bukti Mengikuti
Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan
Inti
|
· Guru bertanya kepad a siswa tentang hal-hal yang paling
ditakuti dalam hidupnya sehari.
· Siswa menjawab guru.
· Menjelaskan arti Takut menurut Ensklopedi Alkitab Masa
Kini
· Guru menjelaskan alasan takut akan Tuhan
· Siswa menentukan sikap dan tanggapan yang takut akan Tuhan
|
60
|
Kegiatan
Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa penutup.
|
10
|
Sumber, Bahan dan Alat
1. Sumber
a.
Alkitab
b.
Buku PAK kelas X Penerbit Cipta
Sarana Mandiri
c.
Buku PAK kelas X Penerbit Mitra
d.
Dewasa Dalam Kristus, SLTA kelas 1
Penerbit Bina Medan Informasi
e.
Suluh Siswa 1 Bertumbuh Dalam
Kristus kelas 10 Penerbit BPK Gunung Mulia.
f.
Teladan Kehidupan 1 PAK SMA kelas X
penerbit ANDI
2. Bahan
Lembar Kerja, Hasil Kerja Siswa,
Bahan Presentasi
3. Alat
Majalah, LCD dan Komputer, TV dan
kidung Jemaat
Penilaian
Indicator
|
Jenis
Instrumen
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
Mengidentifikasi perubahan remaja
dalam mencapai kedewasaan dalam segala aspek
|
Tugas
Individu
|
Sikap
|
Terlampir
2
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
pelajaran
: Pendidikan Agama Kristen
Satuan
Pendidikan
: SMA
Kelas/Semester
: X/1
Tahun
Pelajaran
: 2010-2011
Standar Kompetensi
Mewujudkan nilai-nilai kristiani
dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan social dengan menunjukkan bahwa
remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa dan tidak kehilangan identitas.
Kompetensi Dasar
Mengalami proses pertumbuhan sebagai
pribadi yang dewasa dan memiliki karakter yang kokoh dengan pola pikir
komprehensif dalam segala aspek.
Indicator
Mengidentifikasi perubahan remaja
dalam mencapai kedewasaan dalam segala aspek
Nilai Karakter Bangsa
Religious, Jujur, Disiplin, Kerja
keras, Bersahabat/Komunikatif.
Alokasi Waktu
2 x 40 menit (1 Pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Ø Menjelaskan
pengertian iman.
Ø Menjelaskan
pengertian Hkmat.
Ø Menjelaskan
hubungan hikmat dan iman.
Ø Menjelaskan
4 tipe manusia dalam kehidupan sehari-hari.
Ø Mendiskusikan
tantangan yang sering dihadapi remaja.
Ø Menentukan
sikap untuk memakai sennjata dalam menghadapi tantangan.
Materi Pembelajaran
Kedewasaan Iman: Hikmat dan Iman”
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan proses, kontekstual,
pembelajaran langsung, pemecahan masalah.
2. Metode
Ceramah, Tanya-jawab, Diskusi,
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1:
Tahap
Kegiatan
|
Kegiatan
Siswa/Guru
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Membuka pertemuan dengan kebaktian singkat
· Memeriksa kehadiran siswa dan mengumpulkan Buku Bukti
Mengikuti Ibadah Minggu.
· Mengadakan apersepsi.
|
10
|
Kegiatan
Inti
|
· Guru menjelaskan pengertian Iman dan hikmat.
· Guru menjelaskan hubungan iman dan hikmat.
· Guru menjelaskan 4 tipe manusia.
· Siswa menentukan dirinya ke dalam 4 tipe manusia.
· Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok.
· Siswa dalam kelompok mendiskusikan tantangan yang sering
dihadapi oleh remaja
· Siswa menentukan sikap untuk memakai senjata dalam
menghadapi tantangan iman.
|
60
|
Kegiatan
Penutup
|
· Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
· Salah seorang siswa membawakan doa penutup.
|
10
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar